IDENTIFIKASI / KAJIAN
STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEMESTER 1
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang
musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
|
Ke:
1,2,3
•Menjelaskan pengertian musik tradisi
•Menjelaskan
berdasarkan fungsi, aliran,sumber bunyi,dan proses penciptaan jenis-jenis
musik tradisi Nusantara
|
• Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Menyanyikan
lagu-lagu tradisi Nusantara
|
• Membuat
laporan tertulis (karya tulis) tentang musik tradisi
Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.2. Mengungkapkan
pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik tradisional setempat
|
Ke : 4, 5, 6 :
•MenjelaskanFungsi
musik Nusantara sebagai sarana; upacara,hibu-ran, ekspresi, komunikasi,
pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan
nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi dan modern
•Unsur
estetika dan etika musik
|
• Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Membuat rangkuman materi
pembelajaran
•Menyanyikan lagu-lagu Nusantara
|
• Membuat laporan tertulis (karya
tulis) tentang musik tradisi dan musik
modern
• Membuat aransemen
salah satu lagu daerah dan modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.3. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman
musikal yang
didapatkan
melalui pertunjukan musik tradisional setempat.
|
Ke : 7, 8, 9 :
•MenjelaskanFungsi
musik Nusantara sebagai sarana; upacara,hibu-ran, ekspresi, komunikasi,
pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan
nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi dan modern
•Unsur
estetika dan etika musik
|
• Tanya jawab musik modern Nusantara
• Diskusi kelompok musik modern Nusantara
•Menyanyikan
lagu-lagumodern Nusantaral
|
• Membuat karya tulis sejarah perkembang-an musik modern Nusantara
• Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam
teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat.
|
Ke: 1O, 11, 12
•Mendeskripsikan langkah dalam proses berkarya
musik
•Menjelaskan langkah-langkah menyusun
aransemen
|
•Membuat rangkuman materi
pembelajaran di perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
• Kunjungan ke sanggar music
tradisi
• Membuat laporan tertulis hasil
kunjungan ke sanggar
•
Membuat aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.2. Menampilkan lagu yang telah diaransir.
|
Ke: 13, 14, 15,
16
a.Menjelaskan pengertian dan tujuan pergelaran musik
sebagai media:
•
aktualisasi diri
•
Pengembangan bakat
• Apresiasi
b. Membuat Persiapan:
•Menyiapkan
lagu
•Menyajikan pergelaran musik kelas |
• Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu daerah
Jakarta,Jawa, Sumatra,dll
|
Tugas
rumah :
• Menulis salah satu lagu daerah
dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis lagu daerah ke dalam
notasi balok
• Mengulang di rumah untuk
berlatih lagu hasil aranse-men sendiri
|
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42 Guru mata
pelajaran
Drs. H. Luthfi,
MM Drs. Slamet Priyadi
Nip.
1959041441990091001 Nip.
195712091987031006
IDENTIFIKASI / KAJIAN
STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEMESTER 2
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang
musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
|
Ke : 1, 2, 3
•Menjelaskan sejarah singkat
musik modern Nusantara
•Menjelaskan jenis-jenis musik
modern Nusantara
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
• Tanya jawab musik modern Nusantara
• Diskusi kelompok musik modern Nusantara
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
Tugas rumah
• Membuat karya tulis sejarah perkembang-an musik modern Nusantara
• Membuat kliping lagu-lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.2. Mengungkapkan
pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap
pertunjukan musik non
tradisional setempat
|
Ke : 4, 5, 6
•Menjelaskan
Fungsi musik modern Nusantara sebagai sarana; upacara, hiburan, ekspresi,
komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Mendeskrip-sikan
nilai-nilai yang terkandung dalam musik modern Nusantara
|
•Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Membuat rangkuman materi
pembelajaran di perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
Tugas rumah
•Membuat laporan tertulis (karya
tulis) musik modern Nusantara
•Membuat
aransemen
salah satu lagu modern Nusantara
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
1
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
1.3. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman
musikal yang
didapatkan
melalui pertunjukan musik non
tradisional setempat.
|
Ke : 8, 9, 10
•Menjelaskan
Fungsi musik modern Nusantara sebagai sarana; upacara, hiburan, ekspresi,
komunikasi, pengiring tari, sarana ekonomi
•Menunjukkan
nilai-nilai musik modern Nusantara
•Mengapresiasi karya musik dan lagu modern Nusantara
|
•Diskusi kelompok melalui presentasi power point
•Tugas
mengkaji unsur-unsur musik di Perpustakaan
•Menyanyikan lagu-lagu modern Nusantara
|
Tugas rumah
•Membuat laporan tertulis (karya
tulis) tentang musik modern Nusantara
•Kunjungan ke sanggar-sanggar seni musik
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.1.Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan
beragam teknik, media, dan materi musik/lagu non tradisional daerah setempat.
|
Ke : 11, 12, 13
•Menampilkan karya musik modern
•Menulis,
membaca dan menyanyikan lagu hasil karya cipta sendiri
•Menyanyikan lagu-lagu modern
Nusantara
|
•Membuat
aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
•Menyanyikan lagu-lagu hasil ciptaan dan aransemen
sendiri
|
Tugas rumah
•Kunjungan ke sanggar musik
•Membuat laporan tertulis hasil
kunjungan ke sanggar
•Membuat
aransemen lagu hasil karya cipta mandiri
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||
Tatap Muka
|
Penugasan
Terstruktur
|
Penugasan
Tidak Terstruktur
|
|||
2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
2.2. Menampilkan lagu yang telah diaransir.
|
Tatap muka ke: 13, 14, 15
a. Membuat Persiapan:
•Menyiapkan
lagu-lagu yang akan ditampilkan
b. Menyajikan pergelaran musik
•Menampilkan musik / lagu tradisi dan modern
|
• Diskusi kelompok melalui
presentasi power point
•Menyanyikan lagu-lagu daerah dan populer daerah Jakarta,Jawa, Sumatra,dll
|
Tugas
rumah :
• Menulis salah satu lagu daerah
dengan tangga nada: 1kres G=Do
• Menulis lagu daerah ke dalam
notasi balok
• Mengulang di rumah untuk
berlatih lagu hasil aransemen sendiri
|
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2013
Kepala SMA
Negeri 42 Guru mata
pelajaran
Drs. H. Luthfi,
MM Drs. Slamet Priyadi
Nip.
1959041441990091001 Nip.
195712091987031006
"POLEKSOSBUDA DENMAS PRIYADI": MGMP SENI BUDAYA SMAN 42 JAKARTA: Identifikasi / K...: MGMP SENI BUDAYA SMAN 42 JAKARTA: Identifikasi / Kajian SK, KD Seni Budaya Kelas XI ... : Identifikasi / Kajian SK, KD Seni Budaya Kelas XI...
Permisi, blog ini bagus. Latar belakang gambar menjadikan berat untuk di-load. Jangan lupa kunjungi komentari juga http://pcahyono.blogspot.com/
BalasHapusMany thanks have visited my blog, and I'm ok visit your blog!
BalasHapus