KAJIAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Oleh Drs. I Gusti Ngurah Dwaja
Ki Slamet Blog
Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:33 WIB
Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:33 WIB
Nama Sekolah : SMA Negeri 42 Jakarta
Tanggal Pelaksanaan : Tanggal 22 Maret 2015 s/d 05 Juni 2015
Tema : Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA Negeri 42
Jakarta
A. Latar Belakang
Mengapa lingkungan sekitar kita di SMA 42 mengalami kerusakan ?
Karena lingkungan hidup sekitar kita tidak dipelihara dengan
baik dan berkesinambungan sehingga lingkungan mengalami
kerusakan, karena manusia tidak mampu menghindar dari dampak
negatif yang ditimbulkannya.
Karena lingkungan hidup sekitar kita tidak dipelihara dengan
baik dan berkesinambungan sehingga lingkungan mengalami
kerusakan, karena manusia tidak mampu menghindar dari dampak
negatif yang ditimbulkannya.
Pada akhirnya kehidupan warga SMA 42 menjadi terancam.
Ketika lingkungan telah mengalami kerusakan sehingga keharmonisan
warga SMA 42 dengan alam lingkungan terganggu, kita baru menyadari
pentingnya pelestarian lingkungan Hidup.
Kita sadar bahwa kelelaian yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar
adalah suatu kekeliruan yang besar. Karena manusia selalu berfikir
hanya kepentingan sesaat dan menggnggap pelestarian lingkungan tidak
penting. Manusia merasa seolah-olah dirinya berada di luar lingkungan
alam semesta.
Peningkatan kesadaran dan mewujud kepedulian tentang lingkungan
pada warga SMA 42 Jakarta dewasa ini terus ditingkatkan dan berkembang
hingga sekarang. Warga SMA 42 Jakarta semakin menyadari pentingnya
menjaga kebersihan , pelestarian lingkungan hidup bagi kelangsungan
kelestarian lingkungan hidup, baik untuk masa sekarang maupun untuk
masa-masa yang akan datang. Warga SMA 42 Jakarta memang terus
berupaya untuk meningkatkan kebersihan, kelestarian lingkungannya.
Kepala SMA 42 Jakarta selalu mengingatkan dan mengajak semua warga
SMA 42 Jakarta meningkatkan kebersihan kelas, taman , halaman sekolah
agar selalu bersih dan lestari. Melengkapi taman-taman dengan tanaman
hias, demikian pula peserta didik ikut berkontribusi dengan menyumbang
tanaman untuk kelestarian lingkungan. Kepala Sekolah mengintruksikan
agar tidak merusak dan mencemari lingkungan sehingga mengancam
kelestarian kehidupan dan mengurangi hak generasi yang akan datang.
Oleh karena itu yang harus kita lakukan pelestarian lingkungan Artinya
tetap membangun untuk meningkatkan kelestarian tanpa mengurangi hak
generasi yang akan datang.
Ketika lingkungan telah mengalami kerusakan sehingga keharmonisan
warga SMA 42 dengan alam lingkungan terganggu, kita baru menyadari
pentingnya pelestarian lingkungan Hidup.
Kita sadar bahwa kelelaian yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar
adalah suatu kekeliruan yang besar. Karena manusia selalu berfikir
hanya kepentingan sesaat dan menggnggap pelestarian lingkungan tidak
penting. Manusia merasa seolah-olah dirinya berada di luar lingkungan
alam semesta.
Peningkatan kesadaran dan mewujud kepedulian tentang lingkungan
pada warga SMA 42 Jakarta dewasa ini terus ditingkatkan dan berkembang
hingga sekarang. Warga SMA 42 Jakarta semakin menyadari pentingnya
menjaga kebersihan , pelestarian lingkungan hidup bagi kelangsungan
kelestarian lingkungan hidup, baik untuk masa sekarang maupun untuk
masa-masa yang akan datang. Warga SMA 42 Jakarta memang terus
berupaya untuk meningkatkan kebersihan, kelestarian lingkungannya.
Kepala SMA 42 Jakarta selalu mengingatkan dan mengajak semua warga
SMA 42 Jakarta meningkatkan kebersihan kelas, taman , halaman sekolah
agar selalu bersih dan lestari. Melengkapi taman-taman dengan tanaman
hias, demikian pula peserta didik ikut berkontribusi dengan menyumbang
tanaman untuk kelestarian lingkungan. Kepala Sekolah mengintruksikan
agar tidak merusak dan mencemari lingkungan sehingga mengancam
kelestarian kehidupan dan mengurangi hak generasi yang akan datang.
Oleh karena itu yang harus kita lakukan pelestarian lingkungan Artinya
tetap membangun untuk meningkatkan kelestarian tanpa mengurangi hak
generasi yang akan datang.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian lingkungan hidup ?
2. Apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan hidup di SMA Negeri 42 Jakarta ?
3. Apa saja upaya pelestarian lingkungan
1. Apakah pengertian lingkungan hidup ?
2. Apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan hidup di SMA Negeri 42 Jakarta ?
3. Apa saja upaya pelestarian lingkungan
C. Tujuan dan Manfaat pelestarian lingkungan hidup di SMA 42 Jakarta
1. Membuat lingkungan menjadi enak dan nikmat dipandang akan berdampak kepada:
a) Kesehatatan lingkungan sangat baik
b) Warga SMA Negeri 42 jakarta tinggal di sekolah lebih betah / berlama-lama di sekolah
c) Lingkungan SMA 42 nampak asri, indah dan sehat
2. Kualitas udara lebih baik berdapak pada:
a) Polusi dan udara yang kotor lebih rendah
b) Udara disekitarnya akan lebih segar dan sehat
3. Lingkungan yang jauh dari berbagai macam penyakit berdampak pada: Warga sekolah SMA 42 Jakarta lebih sehat
4. Kepuasan tersendiri bagi warga SMA 42 Jakarta dan para pengunjung .
5. Keseahatan lingkungan akan terjaga dengan baik secara berkesinambungan
6. Membuat lingkungan lebih sering dikunjungi oleh orang lain
7. Lebih betahdan nyaman tinggal di SMA Negeri 42 Jakarta
8. Dapat menghasilkan pengghargaan kebersihan dan kelestarian tingkat Nasional
9. Mencegah banjir
1. Membuat lingkungan menjadi enak dan nikmat dipandang akan berdampak kepada:
a) Kesehatatan lingkungan sangat baik
b) Warga SMA Negeri 42 jakarta tinggal di sekolah lebih betah / berlama-lama di sekolah
c) Lingkungan SMA 42 nampak asri, indah dan sehat
2. Kualitas udara lebih baik berdapak pada:
a) Polusi dan udara yang kotor lebih rendah
b) Udara disekitarnya akan lebih segar dan sehat
3. Lingkungan yang jauh dari berbagai macam penyakit berdampak pada: Warga sekolah SMA 42 Jakarta lebih sehat
4. Kepuasan tersendiri bagi warga SMA 42 Jakarta dan para pengunjung .
5. Keseahatan lingkungan akan terjaga dengan baik secara berkesinambungan
6. Membuat lingkungan lebih sering dikunjungi oleh orang lain
7. Lebih betahdan nyaman tinggal di SMA Negeri 42 Jakarta
8. Dapat menghasilkan pengghargaan kebersihan dan kelestarian tingkat Nasional
9. Mencegah banjir
D. Tim Kajian Lingkungan
Pembina :Drs. Sonny Juhersoni, M.Pd
Ketua :Dra. Juni Astuti
Sekretaris :Drs. I Gusti Ngurah Dwaja
Koordinator :Sri Mulyani, M.Pd
Anggota :
1. Drs. Diding Suardi
2. Hj. Munasochah, S.Pd
3. Evi Ramangraeni, S.Pd
4. Dra. Asri Wahyu DT. MM
5. Yani Mulyani, S.Pd
C. Rencana Kerja Tim Kajian Lingkungan Hidup
- Menyusun rencana Kerja
- Menyebar kuesioner kepada guru, pegawai dan siswa yang dilibatkan
- Merekap hasil kuesioner
- Mempublikasikan hasil kajian lingkungan
- Merencanakan aksi lingkungan
- Memonitor kegiatan aksi lingkungan
- Mengintegrasikan metode dan materi pembelajaran yang berkaitan dengan topik kajian lingkungan. Hal ini dilakukan oleh guru-guru bidang studi yang terkait.
- Melengkapi slogan-slogan mengenai kegiatan pelestrian lingkungan hidup
D. Kuesioner Kajian Lingkungan Hidup
Nama Sekolah : SMA Negeri 42 Jakarta
Tanggal Pelaksanaan : Januari 2015
Tema : Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA Negeri 42
Jakarta
Nama Sekolah: SMA Negeri 42 Jakarta
|
Tanggal 22 Maret 2015 s/d 05 Juni 2015
| ||||||||
Murid Yang Terlibat : Kelas X, XI dan XII MIPA / IPS
| |||||||||
Pertanyaan 1:
Apakah sekolah mempunyai kebijakan yang jelas terkaitlingkungan hidup ?
|
Pertanyaan 6
Apakah sudah ada survei lingkungan hidup di sekitar lingkungan sekolah?
| ||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||||||
Komentar :
|
Komentar :
| ||||||||
Pertanyaan 2
Apakah sudah dilakukan?
|
Pertanyaan 7
Apakah ada pengaruh langsung akibat terjadinya kerusakan lingkungan hidup di sekolah ini ?
| ||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||||||
Komentar :
|
Komentar :
| ||||||||
Pertanyaan 3 :
Jika tidak, apakah sekolah melakukan kegiatan untuk menyelesaikan isu tersebut?
|
Pertanyaan 8
Apakah ada upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian, kebersihan lingkungan sekolah ?
| ||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||||||
Komentar :
|
Komentar :
| ||||||||
Pertanyaan 4
Apakah ada kerusakan lingkungan hidup dilingkungan sekolah?
|
Pertanyaan 9
Apakah sekolah menerapkan pemberian penghargaan atau sanksi bagi yang menjaga kebersihan di sekolah ?
| ||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||||||
Komentar :
|
Komentar :
| ||||||||
Pertanyaan 5
Apakah sudah ada penanganan untuk pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 42 Jakarta ?
|
Pertanyaan 10
Apakah warga sekolah terlibat dalam kegiatan aksi pelestarian di lingkungan sekitar?
| ||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
GURU SMAN 42 JAKARTA MENULIS: KAJIAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Oleh Drs. I Gu...: Ki Slamet Blog Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:33 WIB Soka KAJIAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Nama Sekolah : SMA N...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar