WARTA GOOGLE

Loading...

Jumat, 30 September 2011

Terapi Melukis untuk Menepis Pikiran Negatif - Yahoo!

Jumat, 30 September 2011 - Liputan6.com - Ruang yang disediakan khusus bagi kegiatan seni lukis ini mirip sebuah galeri yang memajang berbagai hasil karya lukis para narapidana. 
Di tempat yang dibuka sejak 2009 ini, para napi bisa belajar melukis atau menyalurkan bakat seni lukisnya dengan dipandu para relawan asing.
Di tempat ini para napi diberi kebebasan berekpresi untuk melukis sesuai gaya dan aliran yang disukai.
Selain untuk menyalurkan bakat seni, kegiatan melukis di dalam lapas ini juga berguna untuk kesehatan mental para napi. Dengan kegiatan melukis, para napi bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal negatif selama berada di penjara.
Hasil karya para napi Lapas Kerobokan ini sudah pernah dipamerkan di beberapa galeri seni di wilayah Kuta dan Ubud. Beberapa hasil karya para napi ini juga sudah dibeli para kolektor dengan harga mencapai jutaan rupiah. (YUS)

Senin, 26 September 2011

BAGAIMANA MELAKUKAN METODE CERAMAH? by Slamet Priyadi

Bagaimana melaksanakan metode ceramah? by Slamet Priyadi

Senin, 26 September 2011 :  Agar dalam mempraktikkan motede ceramah berhasil, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan guru, yaitu:
1.    Langkah persiapan
•    Merumuskan tujuan yang ingin dicapai.
 Langkah pertama yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah merumuskan tujuan yang akan dicapai secara jelas dan terarah.  Apa saja yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran dengaan metode ceramah berakhir. Rumusan tersebut misalnya, “Setelah melalui proses pembelajaran, siswa mampu…”
•    Menentukan pokok-pokok materi yang akan diceramahkan.
Tingkat penguasaan guru terhadap materi pembelajaran akan sangat menentukan dalam metode ceramah. Oleh sebab itu, Guru sebaiknya harus mempersiapkan terlebih dahulu pokok-pokok materi yang akan disampaikan sesuai  dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Termasuk persiapan-persiapan media, ilustrasi-ilustrasi yang sesuai, agar bisa lebih memperjelas materi ceramah yang akan disampaikan.
•    Mempersiapkan alat bantu pembelajaran.
Untuk menghindari kesalahan-kesalahan persepsi siswa, dan meningkatkan kualitas ceramah, sangat diperlukan alat bantu pembelajaran, misalnya dengan mempersiapkan transparansi, media grafis, dan lain-lain.
2.    Langkah pelaksanaan
Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam tahap ini adalah:
           •      Langkah pembukaan
         Langkah ini merupakan langkah yang sangat menentukan, karena keberhasilan    pelaksanaan metode ceramah sangat ditentukan oleh langkah pembukaan ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
a)    Meyakinkan siswa memahami tujuan yang akan dicapai dengan mengemukakan kepada siswa.  Mengapa siswa harus paham dengan tujuan yang harus dicapai? Tujuan akan merangsang siswa untuk termotivasi mengikuti proses pembelajaran melalui metode ceramah.
b)    Melakukan langkah apersepsi, yaitu menghubungkan materi pelajaran yang sudah diberikan sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan disampaikan kemudian. Hal ini dilakukan untuk membangun kembali memori, dan menciptakan kondisi agar siswa mampu menerima materi pembelajaran dengan mudah.     
•    Langkah penyajian
      Langkah penyajian merupakan tahap penyampaian materi pembelajaran dengan cara bertutur. Oleh sebab itu agar ceramah berkualitas, guru menjaga perhatian siswa agar tetap  fokus pada materi pembahasan yang diberikan yaitu dengan:
c)    Selalu menjaga kontak mata secara terus menerus dengan siswa.  Kontak mata merupakan  salah satu cara agar siswa tetap memperhatikan pada materi pembelajaran yang diberikan. Lain dari itu, kontak mata berarti juga penghargaan dan perhatian dari guru kepada muridnya. Upayakan agar tidak memberi catatan-catatan yang panjang, dan tidak berlama-lama menghadap ke papan tulis, dan kontak mata harus harus tetap dijaga. 
d)    Gunakanlah bahasa dan kata-kata yang mudah dicerna, komunikatif dan tidak bertele-tele.  Jangan menggunakan istilah-istilah yang tidak populer. Selain itu intonasi suara, artikulasi harus tetap dijaga dalam bertutur kata.
e)    Sajikan materi pembelajaran secara sistematis, tidak meloncat-loncat, agar mudah ditangkap oleh siswa.
f)    Tanggapilah respon atau pertanyaan-pertanyaan siswa sesegera mungkin dengan baik.
g)    Jagalah agar kondisi kelas tetap dalam suasana yang aktif, interaktif, komunikatif, kondusif, serta dalam suasana yang menggairahkan dan menyenangkan.
3.    Langkah penutup
Agar materi pembelajaran yang sudah disampaikan tidak lenyap begitu saja dalam memori siswa, sebaiknya guru dalam ceramah penutupan, menciptakan aktifitas kegiatan-kegiatan yang membuat siswa tetap bisa mengingat materi pembelajaran yang sudah disampaikan. Kegitan tersebut antara lain bisa berupa:
•    Siswa dibimbing untuk membuat rangkuman atau menarik suatu kesimpulan terhadap materi pembelajaran yang baru saja disampaikan.
•    Merangsang siswa untuk membuat tanggapan atau ulasan tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan.
•    Melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui seberapa jauh siswa mampu menguasai materi pembelajaran yang sudah diberikan. 
( Referensi: “BAHAN AJAR PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU” – UHAMKA 2009 )

Minggu, 18 September 2011

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE CERAMAH by Slamet Priyadi


Mengajar dengan metode cerama
MINGGU, 17 SEPT.'11- GURU SENI BUDAYA BLOG - Metode ceramah merupakan cara penyajian materi pembelajaran melalui penuturan secara lisan. Dalam arti, penjelasan langsung kepada sekelompok siswa di kelas. Metode ceramah ini sampai sekarang masih sering, dan acapkali digunakan oleh para guru dan para instruktur dalam menyampai materi pembelajara. Hal ini oleh karena guru biasanya belum merasa puas jika dalam mengelola pembelajaran tidak melalukan ceramah.

Begitu pula dengan para siswa, pada umumnya mereka masih terbiasa dengan dengan metode ini, sehingga mereka beranggapan ada guru berceramah di kelas berarti ada pelajaran, tidak ada guru berceramah di kelas berarti tidak ada pelajaran. Metode ceramah adalah salah satu cara dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran ekspositori.

a. Kelebihan dan kelemahan metode ceramah
Ada beberapa alasan mengapa metode ceramah sering digunakan. Alasan ini sekaligus merupakan keunggulan metode ini.

1) Ceramah merupakan metode yang murah dan mudah untuk dilakukan. Murah dalam arti, proses ceramah tidak memerlukan peralatan dan perlengkapan yang rumit seperti pada metode demonstrasi atau peragaan. Sedangkan mudah berarti ceramah hanya mengandalkan suara guru.

2) Ceramah dapat menjangkau penyajian materi pembelajaran yang lebih luas. Ini berarti banyak materi pembelajaran yang dapat dirangkum dan dijelaskan pokok-pokoknya saja oleh guru dalam waktu singkat.

3) Ceramah dapat terfokus hanya pada pokok-pokok materi inti. Dalam arti, guru dapat mengatur pada materi mana yang menjadi prioritas sesuai dengan kebutuhan dan tujuan indicator yang ingin dicapai.

4) Dengan metode ceramah, guru dapat memantau keadaan kelas, karena kelas sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya saat menyampaikan materi pembelajaran.

5) Dengan metode ceramah pengorganisasian kelas menjadi lebih sederhana dan praktis, oleh karena tidak membutuhkan persiapan-persiapan yang macam-macam. Asal kan siswa dapat menempati posisi tempat duduknya dan mendengarkan materi pembelajaran yang disampaikan guru, itu sudahlah cukup.

Adapun kelemahan-kelemahan metode ceramah ini, antara lain:

1) Materi yang dikuasai siswa terbatas hanya pada apa yang telah dikuasai dan disampaikan guru. Ini merupakan kelemahan yang paling dominan pada metode ceramah, oleh karena apa yang telah disampaikan guru itulah yang diperolehnya dan dikuasainya.

2) Penyampaikan ceramah yang tidak dibarengi dengan peragaan dan contoh-contoh hanya bersifat verbalistik dan menbosankan. Ini merupakan kelemahan yang dimiliki metode ceramah, karena guru dalam penyajiannya hanya mengandalkan bahasa verbal sedangkan siswa hanya mengandalkan kemampuan auditifnya. Di sisi lain kemampuan siswa secara auditif berbeda-beda, termasuk dalam menangkap materi pembelajaran melalui pendengaran.

3) Kemampuan guru berbicara dan bertutur kata-kata yang tidak baik, acap kali menjemukan dan membosankan siswa, sehingga siswa menjadi tidak memperhatikan materi pembelajaran, mengantuk atau mengobrol dengan teman sebangkunya. Jika mereka diam akan tetapi pikirannya kemana-mana sebab tidak mengerti dengan apa yang disampaikan guru sebab penyampainnya tidak menarik.

4) Dengan metode ceramah, sangat sukar untuk mengetahui apakah siswa sudah mengerti dan sudah memahami dengan apa yang telah disampaikan guru. Ketika guru mengadakan pertanyaan pada umumnya lebih banyak yang diam dan tidak menjawab pertanyaan, meskipun tentu tidak semua siswa seperti itu.
( Referensi: “BAHAN AJAR PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU” – UHAMKA 2009 )

Sabtu, 17 September 2011

"SUNGSANG BAWONO 2" By Panembahan Rama Madiun SENIN, 29 AGUSTUS 2011

"SUNGSANG BAWONO 2" By Panembahan Rama Madiun
SENIN, 29 AGUSTUS 2011
( Panembahan Rama Raja Maya Garuda Kencana Sakti Bung Karno Ki Sukarwo Surya Negar Jagul Alam Sunan Pojok Pangeran Sedah Sosrobahu Padepokan Tajul Muluk Kahuripan - Madiun )


NGGIH SUNGSANG BAWONO BALIKPUN DIWIWIT
TANGGAL 19 AGUSTUS ...
MATAHARI MEMANCARKAN SINAR KEKUNINGAN
SINAR KETUHANAN YANG MAHA ESA
TANGGAL 21 AGUSTUS...
BULAN MEMANCARKAN SINAR MERAH
TANGGAL 27 AGUSTUS...
DI ALAS KETANGGA DAN...
DI PADEPOKAN TAJUL MULUK KAHURIPAN MADIUM
SAMBIREJO PREKUL REJOMULYA
NUR CAHYA PUTIH
NUR CAHYA HITAM PUN MAKEMPAL
UTAWI ENGKANG KASEBUT
KUNCUNG PUTIH
PAKUNING ALAMPUN BADHE NGAWITI
PRANATAN JAGAD ANYAR GINELAR
MANGSA WADAH ENGKANG SATUHU
ENGGAL DITATA ENGKANGSAESTU
NING NIKI MBOTEN MEKSA NGGIH MENAWI PIKADOS
SUNAN POJOK PANGERAN SOSROBAHU
NETEPI JANJI ROMO SABDA PALON
NETEPI JANJI ROMO SUKARNO

( Diposting by S.Priyadi-Minggu,17 Sept.2011 di Lido-Bogor )

Rabu, 07 September 2011

BUAT SELURUH SOBAT-SOBAT FACEBOOKER TERCINTA

BUAT SELURUH SOBAT-SOBAT FACEBOOKER TERCINTA

oleh Slamet Priyadi pada 31 Agustus 2011 jam 1:00
Waktu berlelu begitu cepat mengalir bagaikan air
Ramadhan nan suci pun t'lah berakhir,
dan... esok Idhul Fitri kan segera hadir

Bi la canda membuat hati luka
Bila kata-kata sudah tak lagi bermakna
Bila senyuman sudah tak lagi berharga
Kini... hanyalah MAAF yang aku pinta

Meski muka tak bisa bertatap
Meski tangan tak bisa lagi berjabat
Namun... dengan setulus hati penuh keikhlasan
Aku memohon MAAF, atas segala kesalahan
Baik disengaja atau yang tidak disengaja
Dan aku ucapkan "MINAL AIDIN WALFAIZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN"
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H

Rabu, 31 Agustus 2011
Dari Slamet Priyadi dan Keluarga di Lido - Bogor



    • Slamet Priyadi Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1432 H, Mohon maaf lahir dan batin!
      31 Agustus jam 1:01

    • Duddy Zein Tks mas Slamet. Sama-sama:
      Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1432 H. Taqobalallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum. Minal 'aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir & batin.
      Salam,
      Duddy Zein&kel.

      31 Agustus jam 22:49

    • Rahmadyo Gatari
      Sami sami nggeh pak

      01 September jam 2:42

    • Tati Sukartiningsih Taqqaballahu minna wa minkum, maaf lahir batin ya pak guru
      01 September jam 19:18

    • Wahyu Murniningsih Met lebaran pak...maaf lahir batin..semoga kita senantiasa mendapat rahmat dan Hidayah...
      01 September jam 20:38


    • Cempluk Ae Puitis n nyeni ya ses jrsn!.Selamat Lebaran n maaf lahir batin. Ok!
      2 jam yang lalu