Sabtu, 04 Januari 2014

Tradisi Potong Jari Masyarakat Papua


Budaya Nusantara – Sabtu, 04 Januari 2014 16:43 WIB


Tradisi potong jari masyarakat Papua
Indonesia memang memiliki beragam budaya, mulai dari musik , pakaian, adat istiadat, rumah,dll.Bahkan disetiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.Kali ini beberapa tradisi yang mewakili keanekaragaman budaya Indonesia yang unik dan mungkin hanya ada di Indonesia...kita simak yuuk GAINERS....artikel dibawah ini Yaitu "TRADISI POTONG dari PAPUA"

Menangis, mungkin itu yang lakukan saat kita didera kesedihan. Namun, berbeda dengan masyarakat Papua pedalaman, mereka memotong jari mereka sendiri untuk menunjukkan rasa kesedihan mereka. Terdengar sadis memang, namun itulah salah satu bentuk kekayaan budaya kita.

Bagi mereka, tradisi ini disimbolkan sebagai bentuk kesedihan yang mendalam akan kehilangan anggota keluarga yang meninggal. Semakin banyak kita melihat warga Papua pedalaman memotong jarinya maka dapat diartikan telah banyak pula anggota keluarga yang mereka cintai telah meninggal dunia.

Bahkan, masyarakat terdahulu Lembah Baliem, sebuah lembah pegunungan yang cukup terkenal, pernah ada tersingkap kasus dimana seorang ibu yang memotong jari anaknya yang baru lahir dengan cara menggigitnya karena ingin menghilangkan “kesialan” yang selama ini menderanya. Ia percaya dengan ia memotong jari anaknya maka kesialan yang selama ini ia alami dapat hilang.

Sumber:
GAIN Indonesia
23 November 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar