Sabtu, 16 April 2011

VIVAnews - Djarum Super Internasional Blues Festival



Festival blues akan digelar tanggal 7 November yang akan datang.
Selasa, 3 November 2009, 15:15 WIB
Irina Damayanti, Gestina Rachmawati

Ilustrasi musik Jazz (VIVAnews)
VIVAnews - Blues bukanlah musik baru. Sejak 'ditemukan' oleh para budak keturunan Afrika-Amerika di sepanjang semenanjung Delta Mississippi pada akhir abad 19 bisa dikatakan Blues telah berkembang sangat pesat.

Blues juga menjadi 'kendaraan' musikal dalam proses jamming di berbagai acara panggung.
Kini, penggemar Blues tak lagi dikatakan tersegmentasi. Tak ada lagi kesan bahwa Blues hanya milik musisi tua. Generasi baru pun banyak bermunculan, sebut saja Rama Satria, Gugun & Blues
Shelter, hingga Adrian Adioetomo.
Sesuai dengan tema yang didengungkan, kali ini DSJIBF 2009 ingin menonjolkan musik Blues dan turunannya atau yang biasa disebut 'The Fruit of Blues' yakni rock, pop dan sebagainya.
Dalam DSJIBF 2009, blouser pekat seperti Blues Train, Gugun & Blues Shelter, Kiboud Maulana akan berbagi panggung dengan gitaris band seperti Gigi, The Dance Company, bahkan The Changcuters yang akan menampilkan beberapa lagu di album indie pertama mereka yang berelemen blues rock.

Penampilan Yopie Item dengan kedua anaknya, Audy dan Stevie Item (gitaris Andra & the Backbone) serta duet Bondan Prakoso dan sang ayah, Sisco juga disuguhkan dalam festival ini. Sementara bagi penggemar blues berorientasi gitar, ada kolaborasi maut Abdee 'Slank' dengan John Paul Ivan dan vokalis Andi /rif.


DSJIBF 2009 juga menghadirkan musisi mancanegara, diantaranya Jan Akkerman (Belanda), Mike Wilgar (Irlandia), musisi yang bakal menampilkan blues paduan Muddy Waters, Eric Clapton dan Blues Traveler serta Kara Grainger (Australia), gitaris wanita berkarakter Soul/Blouse/Jazz yang pernah mendampingi konser Eric Johnson. Festival Blues lintas generasi ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu, 7 November 2009.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar