Kamis, 10 Januari 2013

Amerika berhala di Ramanujan bertemu


Dengan R Gokul, TNN | Desember 16, 2012, 06:34 WIB

  Kumbakonam: Kumbakonam bukanlah desa kecil itu saat paling terkenal matematika India jenius Ramanujan berjalan jalan-jalan, hilang dalam pikiran teorema rumit. Tapi 125 tahun setelah ia lahir, bunga dalam karyanya terus, murid sejati membingungkan dari ilmu murni, menarik beberapa terang dunia seperti ketika pertama kali kejeniusannya bersinar melalui dunia.

Tahun ini, sebagai penghargaan Sastra-Ramanujan akan disajikan pada 22 Desember di sebuah fungsi yang diselenggarakan oleh Masyarakat matematika India di New Delhi, bintang pertunjukan akan Zhiwei Yun dari Pusat Penelitian Stanford University Matematika. Zhiwei sedang diakui untuk nya "kontribusi fundamental bagi beberapa daerah yang terletak pada antarmuka perwakilan teori, algebraic geometri dan teori bilangan," kata catatan Sastra.

Penghargaan Sastra-Universitas-dilembagakan, dibentuk pada tahun 2005 untuk mendorong matematikawan bawah 32 bekerja di daerah dipengaruhi oleh Ramanujan, membawa hadiah uang tunai sebesar $ 10.000. Ini bukan hanya Zhiwei yang berada di pusat banyak perhatian di Kumbakonam sekarang. Profesor George E Andrews, Richard Askey dan Bruce Berndt, tiga dari otak yang dikenal terbaik di bidang ini, ada untuk menjadi bagian dari apa yang mereka rasakan adalah tanggal penting yang bisa dilakukan keadilan hanya dengan ziarah ke tempat kelahiran Srinivasa Ramanujan .

Dalam Kumbakonam menerima DSc (honoris causa) derajat diberikan oleh Sastra Universitas, sebuah universitas dianggap baik swasta berkantor pusat di Tamil Nadu, tiga matematikawan sudah bertahun-tahun bekerja pada teorema bahwa matematikawan India diproduksi di kehidupan yang singkat dari 32 tahun.

Yang terkenal 'notebook' dari Ramanujan, mereka mengatakan, terus memiliki relevansi tidak hanya untuk pekerjaan teoritis tetapi untuk penampang-daerah penelitian termasuk ilmu komputer.

Tiga matematikawan terkenal yang telah bekerja pada teorema Srinivasa Ramanujan yang diberikan D Sc (honoris causa) oleh SASTRA Universitas di Kumbakonam, tempat kelahiran jenius mathamatics kabupaten di Thanjavur, pada hari kedua konferensi twoday diselenggarakan untuk menandai kelahiran 125th nya ulang tahun.

Derajat diserahkan kepada George E Andrews of Pennsylvania State University, Amerika Serikat, Richard A Ashkey dari University of Wisconsin, Madison, Amerika Serikat dan Bruce C Berndt dari University of Illinois, Amerika Serikat, oleh L Rajagopalan, seorang 93 tahun guru matematika dari Kumbakonam. Dua studi tentang matematika terkenal juga dirilis selama konferensi.

Sejumlah besar sarjana dari India dan luar negeri menghadiri konferensi di Srinivasa Ramanujan luar kampus pusat SASTRA di Kumbakonam Jumat. Andrews berterima kasih universitas untuk menghormati dia sementara Ashkey, yang bekerja pada polinomial terkenal, mengatakan buku-buku tentang Ramanujan harus menjadi bagian dari setiap perpustakaan untuk menginspirasi generasi muda untuk mengambil penelitian tentang karya-karyanya.

Orang ketiga yang harus dihormati, Berndt, adalah kewenangan pada nomor teori dan telah menerbitkan biografi Ramanujan. Ia mengatakan ia menganggap dirinya beruntung untuk menerima penghargaan dalam memori matematika.

Rajagopalan teringat bahwa Ramanujan bisa memecahkan masalah diajarkan kepada siswa tingkat akhir tahun bahkan ketika ia berada di kelas 8. Memori dan warisan jenius harus menginspirasi anak muda lebih untuk belajar matematika, Rajagopalan menambahkan.

Dua buku oleh terkenal matematika dan Ramanujan sarjana, Alladi Krishnaswamy dari University of Florida, AS, 'Tempat Ramanujan Dalam The World Of Matematika', dan 'Volume Khusus Dari Journal Ramanujan' Borwein diedit oleh Krishnaswamy, George Andrews dan Jonathan juga dirilis pada hari Sabtu. Sejumlah besar sarjana, peneliti dan mahasiswa menghadiri kuliah yang diadakan selama dua hari pada karya-karya Ramanujan. Ia juga mengumumkan bahwa SASTRA-Ramanujan Penghargaan tahun ini akan disajikan pada 22 Desember di sebuah fungsi yang diselenggarakan oleh Masyarakat matematika India di New Delhi. Penghargaan ini akan diberikan kepada Zhiwei Yun dari Pusat Penelitian Stanford University Matematika. Dilembagakan pada tahun 2005, setiap tahun diberikan kepada matematikawan di bawah usia 32, yang bekerja di daerah dipengaruhi oleh Ramanujan.

Para genius matematika telah meninggal pada usia 32. Zhiwei sedang dihormati karena "kontribusi fundamental bagi beberapa daerah yang terletak pada antarmuka perwakilan teori, algebraic geometri dan teori bilangan," kata seorang juru bicara SASTRA.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar