Jumat, 18 Januari 2013

Strategi Menarik Tingkatkan Minat Baca

Ummi Hadyah Saleh
Kamis, 01 November 2012 13:21 wib


JAKARTA - OKE ZONE -Membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Selain menambah wawasan, dengan membaca kita juga bisa melatih kemampuan berpikir. Meski begitu bermanfaat, sebagian orang justru banyak menyepelekan kegiatan ini karena dianggap membuang-buang waktu. Padahal, jika menggunakan strategi yang tepat, kita bisa meningkatkan minat baca.

Menurut Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat se-Jawa Timur Dwi Astutik, strategi menumbuhkan minat baca dimulai dari diri sendiri. Dwi mencontohkan, sebagai seorang ibu, dia harus menjadi contoh bagi anak-anaknya agar terbiasa membaca buku sejak dini.

Selain memulai kebiasaan membaca dari lingkungan keluarga, Dwi juga menumbuhkan minat baca di lingkungan sekolah. Misalnya, dia menyiasati agar para siswa gemar membaca dengan meletakkan buku-buku di beberapa sudut sekolah. Menurutnya, membaca juga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

"Membaca buku itu ibarat senikmat minum susu," ujar Dwi saat ditemui Okezone pada Festival Taman Bacaan Masyarakat di Kemendikbud, Kamis (1/11/2012).

Dwi menjelaskan, buku harus diperkenalkan sejak usia dini kepada anak-anak dengan cara yang menarik. Orangtua bisa memperkenalkan buku melalui tulisan-tulisan bergambar atau dengan bernyanyi. "Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menarik minat baca anak," imbuhnya.

Wanita berjilbab ini juga berharap, seluruh kota di Indonesia dapat terinspirasi untuk membuat Taman Bacaan Masyarakat. Sebab, Taman Bacaan Masyarakat merupakan salah satu upaya mempercepat kecerdasan bangsa, khususnya dalam program pemberantasan buta aksara.

"Saya yakin jika semuanya serius, bangsa ini bisa menjadi cerdas karena dibantu semua elemennya, termasuk Taman Bacaan Masyarakat yang ada di seluruh wilayah Indonesia," pungkas Dwi.(rfa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar