WARTA GOOGLE

Loading...

Kamis, 06 Oktober 2011

R.A. KARTINI DAN BATIK by Denmas Priyadi

Salah satu batik karya R.A. Kartini
Kamis, 6 Oktober 2011 - denmaspriyadi.blogspot.com - Mungkin sebagian  banyak orang masih banyak yang belum mengetahui kalau R.A. Kartini yang dalam sejarah nasional Indonesia kita kenal sebagai pejuang emansipasi kaum wanita, ternyata beliau dikenal juga sebagai seorang pelopor dalam bidang disain modern, perancang seni ukir dan batik. Salah satu upaya Kartini untuk mengembangkan, merealisasikan ide dan gagasannya itu adalah dengan mendirikan sekolah kepandaian putri. Kepada murid-muridnya R.A. Kartini sendiri mengajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan terutama kerajinan ukiran dan ragam hias batik.

Kemahiran dan kecakapan R.A. Kartini dalam seni ukir, seni batik dan menggambar inilah yang memotivasi Kartini untuk selalu kreatif. Mencari inovasi-inovasi baru dalam bidang seni rupa dan disain. Dalam karya-karyanya R.A. Kartini ia selalu berupaya memasukkan konsep-konsep keindahan dan nilai-nilai tradisi Jawa, meskipun sudah mengalami pembaharuan-pembaharuan sehingga bentuknya menjadi lebih modern. Pembaharuan ini bisa dilihat dari beberapa karya-karya R.A. Kartini seperti yang terdapat pada kotak perhiasan, pigura, kursi rotan, dan batik.

Ada salah satu motip karya R.A. Kartini yang sampai sekarang masih sangat digemari masyarakat, yaitu motip "Lunglungan Bunga". Bahkan hingga kini motip "Lunglungan Bunga" menjadi ciri khas motip seni ukir "Jepara Asli" ( Pustaka: Seni Rupa dan Disain / Agus Sachari / Erlangga )

Diposting by Slamet Priyadi
Kamis, 6 Oktober 2011 di Lido - Bogor

1 komentar:

  1. @ Salah satu motip karya R.A. Kartini yang sampai sekarang masih sangat digemari masyarakat, yaitu motip "Lunglungan Bunga". Bahkan hingga kini motip "Lunglungan Bunga" menjadi ciri khas motip seni ukir "Jepara Asli"

    BalasHapus