WARTA GOOGLE

Loading...

Senin, 21 Februari 2011

KOMPONIS ORLANDO DI LASSO (1532 - 1594) by Slamet Priyadi


Orlando Di Lasso
      Orlando Di Lasso yang dikenal juga dengan nama Rolandde Lattre atau Oelandus Lassus dilahirkan tahun 1532 di negei Belgia, negeri yang juga banyak melahirkan para komponis terkenal seperti Cesar Franck, juga para keturunan Beethoven. 

      Orlando di Lasso tidak hanya dikenal di negeri Belanda sebelah selatan, tetapi juga di Italia, Perancis dan Jerman. Orlando di Lasso dalam memapaki karirnya pertama kali menjadi sorang penyanyi kor di tempat kelahirannya di Bergen Henegouwen. Pada usia dua belas tahun, karena kebagusan suaranya itu ia direkrut untuk menjadi anggota pada kelompok kor pemuda Ferdinan Gonzana di Milano.                                                                                                              
      Pada usia delapan belas tahun, Ia pergi ke Napoli dan di sana bakat dan karirnya semakin berkembang. Dalam tahun 1553 Ia dipercaya menjadi seorang pemimpin kor dan dirigen. Beberapa tahun kemudian Ia dipanggil Albertus ke V ke Muenchen untuk menjadi pengelola musik istana yang memang di istana Albertus ke V ini musik mendapat tempat dan apresiasi yang sangat besar.  
    
      Di istana ini Orlando di Lasso banyak menulis karya musik, salah satu diantaranya yang terkenal adalah "Mazmur Tebus Dosa". Raja Perancis Karel IX meminta Ia datang ke Paris dan memanggilnya dengan sebutan "Le plus que divin Orland". Di sini Ia banyak menulis komposisi musik untuk tarian-tarian balet istana, Grand Opera dan lain-lain.Pada tahun 1574 Ia kembali Muenchen dan tinggal di sana sampai akhir khayatnya  di tahun 1594.

Senin, 21 Febuary 2011
Slamet Priyadi di Lido-Bogor 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar