Minggu, 27 Februari 2011

RPP SENI MUSIK Kls X Semester 1 by Slamet Priyadi


Siswa kls X bernyanyi lagu daerah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP) 

A.    IDENTITAS   
Nama Sekolah     :
SMA Negeri 42 JAKARTA
Mata Pelajaran    :
SENI BUDAYA (MUSIK)    Kelas/Semester  : X / 1

 Standar Kompetensi  :
1.   Mengapresiasi karya seni musik                                                            
          
Kompetensi Dasar      : 1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik  tradisional  dalam kontek budaya masyarakat  setempat .         
                                                        
          
 Indikator    :
1.   Menyenangi karya musik tradisional setempat.
                        2.   Menunjukkan sikap menghargai terhadap musik tradisional setempat.

3.  Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat.
4.  Menyanyikan salah satu lagu karya musik tradisional setempat.

Alokasi Waktu        : 
4 X 45 Menit

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini maka siswa dapat menyenangi dan  menghargai musik tradisional setempat, mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat dan dapat menyanyikan salah satu lagu tradisional setempat.
C.    MATERI PEMBELAJARAN
      
Sejarah dan perkembangan musik tradisional setempat.
D.    METODE PEMBELAJARAN
     
Metode pembelajaran menggunakan pendekatan persuasive, konstruktif, eksporatif, demonstrative dan model-model pembelajaran yang sesuai.

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

   PERTEMUAN  KE     :    1

   1.     KEGIATAN AWAL ( 10 menit )

a.    Orientasi
Kepada siswa ditunjukkan gambar alat musik tradisional setempat (Betawi).

b.    Apersepsi:
Kepada siswa diperkenalkan bahwa musik Betawi merupakan perpaduan Musik Cina, Arab, Melayu.
c.    Motivasi:
Disampaikan kepada siswa bahwa belajar musik tradisional Betawi agar siswa mengetahui dan mengenal musik daerah setempat.
d.    Pemberi Acuan:Belajar musik tradisional Betawi perlu diperluas dengan belajar musik.
e.    Mekanisme pelaksanaan pembelajaran:
Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang diperoleh dari belajar kelompok atau melalui penguasaan untuk belajar secara mandiri.

2.    KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a.     Eksplorasi
 
Menugaskan siswa untuk mencari tahu tentang sejarah dan perkembangan   musik tradisional setempat ( Betawi ) melalui internet.
b.     Elaborasi
Menugaskan siswa untuk menjelaskan sejarah dan perkembangan Musik   tradisional setempat ( Betawi.)
c.  Refleksi
        
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk merenungkan kembali mengapa kita perlu mempelajari sejarah dan perkembangan musik tradisional Betawi.
3.    KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )
a. Tugaskan siswa untuk mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional setempar ( Betawi ).
b. Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan  berikutnya.


PERTEMUAN  KE    :   2

1.     KEGIATAN AWAL
( 10 menit )

a. Orientasi
      
Kepada siswa diperkenalkan jenis-jenis musik tradisonal Brtawi.
b. Apersepsi
      
Kepada siswa dikenalkan bahwa  musik tradisional Betawi bersifat riang.
c. Motivasi
       
Dengan mempelajari jenis-jenis musik tradisional Betawi maka kita berusaha mencintai musik tradisional Betawi.
d. Pemberian Acuan
       
Dengan mempejari musik tradisional Betawi akan menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa dalam bermain musik.
e. Mekanisme Pelaksanaan Pembelajaran
Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang
 diperoleh dari kegiatan kelompok.


2.     KEGIATAN INTI   ( 75 menit )

a. Eksplorasi
       
Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis musik  tradisional.
b. Elaborasi
   
Menugaskan siswa untuk mengumpulkan 3 buah karya musik tradisional betawi.
c. Refleksi
   
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk menerangkan kembali tentang pentingnya mempelajari lagu-lagu tradisional.
3.    KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )
        
a.Tugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan karya musik tradisionalBetawi.
        
b.Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN  KE : 3

1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )

a. Orientasi
   
Kepada siswa diperdengarkan lagu-lagu tradisional Betawi.
b. Apersepsi
   
Kepada siswa dikenalkan bahwa lagu-lagu tradisional Betawi melodinya
   
sederhana dan mudah untuk dipelajari. 

c. Motivasi
    Dengan mempelajari lagu-lagu tradisional Betawi maka kita berusaha mencintai lagu-lagu tradisional   Betawi.
d. Pemberian Acuan
    Dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional Betawi akan menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa dalam bernyanyi.
e. Mekanisme Pelaksanaan Pembelajaran
Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang  diperoleh dari kegiatan kelompok.

2.     KEGIATAN INTI  ( 75 menit )

a. Eksplorasi
    Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi lagu tradisional.
b. Elaborasi
    Menugaskan siswa untuk menuliskan 3 buah lagu betawi.
c. Refleksi
    Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk menerangkan kembali tentang pentingnya mempelajari lagu-lagu tradisional.

3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )a.Tugaskan kepada siswa untuk menyanyikan salah satu lagu Betawi.
b.Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada
pertemuan berikutnya.

F. SUMBER BELAJAR
a.    Buku Seni Musik jilid I MGMP Seni DKI
b.    Buku Seni Musik jilid I ,ESIS, Matius Ali
c.    Kesimpulan lagu
d.    Gitar

G. PENILAIANa. Indikator penilaian:
1.Menyenangi karya musik tradisional setempat
2.Menunjukkan sikap menghargai terhadap musik tradisional setempat
3.Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempar
4. Menyanyikan salah satu karya musik tradisiona setempat
b.Teknik Penilaian Tugas individual dan kelompok
c.Bentuk Instrumen
  Pengamatan kualitatif / afektif

d.Contoh Instrumen
1. Mengamati sikap siswa dalam menye nangi musik tradisional  setempat
2. Mengamati sikap siswa dalam menghargai  musik tradisinal  setempat
3. Mengumpulkan hasil karya  musik tradisional setempat
4. Menyanyikan salah satu lagu  tradisional setempat

Minggu, 27 Febuary 2011
Slamet Priyadi di Lido-Bogor

1 komentar:

  1. @ Proses pembelajaran yang terarah adalah jika segala sesuatunya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang sehingga kendala-kendala yang ada dapat diminimalisir.

    BalasHapus