Siswa kls X bernyanyi lagu daerah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA Negeri 42 JAKARTA
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (MUSIK) Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
Nama Sekolah : SMA Negeri 42 JAKARTA
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA (MUSIK) Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam kontek budaya masyarakat setempat .
Indikator : 1. Menyenangi karya musik tradisional setempat.
2. Menunjukkan sikap menghargai terhadap musik tradisional setempat.
3. Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat.
4. Menyanyikan salah satu lagu karya musik tradisional setempat.
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
B. TUJUAN PEMBELAJARANSetelah mempelajari materi ini maka siswa dapat menyenangi dan menghargai musik tradisional setempat, mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat dan dapat menyanyikan salah satu lagu tradisional setempat.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Sejarah dan perkembangan musik tradisional setempat.
D. METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran menggunakan pendekatan persuasive, konstruktif, eksporatif, demonstrative dan model-model pembelajaran yang sesuai.
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE : 1
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. OrientasiKepada siswa ditunjukkan gambar alat musik tradisional setempat (Betawi).
b. Apersepsi:Kepada siswa diperkenalkan bahwa musik Betawi merupakan perpaduan Musik Cina, Arab, Melayu.
c. Motivasi:Disampaikan kepada siswa bahwa belajar musik tradisional Betawi agar siswa mengetahui dan mengenal musik daerah setempat.
Indikator : 1. Menyenangi karya musik tradisional setempat.
2. Menunjukkan sikap menghargai terhadap musik tradisional setempat.
3. Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat.
4. Menyanyikan salah satu lagu karya musik tradisional setempat.
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
B. TUJUAN PEMBELAJARANSetelah mempelajari materi ini maka siswa dapat menyenangi dan menghargai musik tradisional setempat, mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat dan dapat menyanyikan salah satu lagu tradisional setempat.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Sejarah dan perkembangan musik tradisional setempat.
D. METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran menggunakan pendekatan persuasive, konstruktif, eksporatif, demonstrative dan model-model pembelajaran yang sesuai.
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE : 1
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. OrientasiKepada siswa ditunjukkan gambar alat musik tradisional setempat (Betawi).
b. Apersepsi:Kepada siswa diperkenalkan bahwa musik Betawi merupakan perpaduan Musik Cina, Arab, Melayu.
c. Motivasi:Disampaikan kepada siswa bahwa belajar musik tradisional Betawi agar siswa mengetahui dan mengenal musik daerah setempat.
d. Pemberi Acuan:Belajar musik tradisional Betawi perlu diperluas dengan belajar musik.
e. Mekanisme pelaksanaan pembelajaran:Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang diperoleh dari belajar kelompok atau melalui penguasaan untuk belajar secara mandiri.
2. KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a. Eksplorasi
Menugaskan siswa untuk mencari tahu tentang sejarah dan perkembangan musik tradisional setempat ( Betawi ) melalui internet.
b. ElaborasiMenugaskan siswa untuk menjelaskan sejarah dan perkembangan Musik tradisional setempat ( Betawi.)
c. Refleksi
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk merenungkan kembali mengapa kita perlu mempelajari sejarah dan perkembangan musik tradisional Betawi.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )a. Tugaskan siswa untuk mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional setempar ( Betawi ).
b. Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KE : 2
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. Orientasi
Kepada siswa diperkenalkan jenis-jenis musik tradisonal Brtawi.
b. Apersepsi
Kepada siswa dikenalkan bahwa musik tradisional Betawi bersifat riang.
c. Motivasi
Dengan mempelajari jenis-jenis musik tradisional Betawi maka kita berusaha mencintai musik tradisional Betawi.
d. Pemberian Acuan
Dengan mempejari musik tradisional Betawi akan menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa dalam bermain musik.
e. Mekanisme Pelaksanaan PembelajaranMembagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang
diperoleh dari kegiatan kelompok.
2. KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a. Eksplorasi
Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis musik tradisional.
b. Elaborasi
Menugaskan siswa untuk mengumpulkan 3 buah karya musik tradisional betawi.
c. Refleksi
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk menerangkan kembali tentang pentingnya mempelajari lagu-lagu tradisional.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )
a.Tugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan karya musik tradisionalBetawi.
b.Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KE : 3
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. Orientasi
Kepada siswa diperdengarkan lagu-lagu tradisional Betawi.
b. Apersepsi
Kepada siswa dikenalkan bahwa lagu-lagu tradisional Betawi melodinya
sederhana dan mudah untuk dipelajari.
e. Mekanisme pelaksanaan pembelajaran:Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang diperoleh dari belajar kelompok atau melalui penguasaan untuk belajar secara mandiri.
2. KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a. Eksplorasi
Menugaskan siswa untuk mencari tahu tentang sejarah dan perkembangan musik tradisional setempat ( Betawi ) melalui internet.
b. ElaborasiMenugaskan siswa untuk menjelaskan sejarah dan perkembangan Musik tradisional setempat ( Betawi.)
c. Refleksi
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk merenungkan kembali mengapa kita perlu mempelajari sejarah dan perkembangan musik tradisional Betawi.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )a. Tugaskan siswa untuk mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional setempar ( Betawi ).
b. Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KE : 2
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. Orientasi
Kepada siswa diperkenalkan jenis-jenis musik tradisonal Brtawi.
b. Apersepsi
Kepada siswa dikenalkan bahwa musik tradisional Betawi bersifat riang.
c. Motivasi
Dengan mempelajari jenis-jenis musik tradisional Betawi maka kita berusaha mencintai musik tradisional Betawi.
d. Pemberian Acuan
Dengan mempejari musik tradisional Betawi akan menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa dalam bermain musik.
e. Mekanisme Pelaksanaan PembelajaranMembagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang
diperoleh dari kegiatan kelompok.
2. KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a. Eksplorasi
Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis musik tradisional.
b. Elaborasi
Menugaskan siswa untuk mengumpulkan 3 buah karya musik tradisional betawi.
c. Refleksi
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk menerangkan kembali tentang pentingnya mempelajari lagu-lagu tradisional.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )
a.Tugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan karya musik tradisionalBetawi.
b.Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KE : 3
1. KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
a. Orientasi
Kepada siswa diperdengarkan lagu-lagu tradisional Betawi.
b. Apersepsi
Kepada siswa dikenalkan bahwa lagu-lagu tradisional Betawi melodinya
sederhana dan mudah untuk dipelajari.
c. Motivasi
Dengan mempelajari lagu-lagu tradisional Betawi maka kita berusaha mencintai lagu-lagu tradisional Betawi.
d. Pemberian Acuan
Dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional Betawi akan menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa dalam bernyanyi.
e. Mekanisme Pelaksanaan Pembelajaran
Membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar agar siswa dapat menerapkan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang diperoleh dari kegiatan kelompok.
2. KEGIATAN INTI ( 75 menit )
a. Eksplorasi
Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi lagu tradisional.
b. Elaborasi
Menugaskan siswa untuk menuliskan 3 buah lagu betawi.
c. Refleksi
Menyusun simpulan materi yang telah disampaikan dan mengajak siswa untuk menerangkan kembali tentang pentingnya mempelajari lagu-lagu tradisional.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 5 menit )a.Tugaskan kepada siswa untuk menyanyikan salah satu lagu Betawi.
b.Kepada siswa sampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada
pertemuan berikutnya.
F. SUMBER BELAJAR
a. Buku Seni Musik jilid I MGMP Seni DKI
b. Buku Seni Musik jilid I ,ESIS, Matius Ali
c. Kesimpulan lagu
d. Gitar
G. PENILAIANa. Indikator penilaian:
1.Menyenangi karya musik tradisional setempat
2.Menunjukkan sikap menghargai terhadap musik tradisional setempat
3.Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempar
3.Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempar
4. Menyanyikan salah satu karya musik tradisiona setempat
b.Teknik Penilaian Tugas individual dan kelompokc.Bentuk Instrumen
Pengamatan kualitatif / afektif
d.Contoh Instrumen
1. Mengamati sikap siswa dalam menye nangi musik tradisional setempat
2. Mengamati sikap siswa dalam menghargai musik tradisinal setempat
2. Mengamati sikap siswa dalam menghargai musik tradisinal setempat
3. Mengumpulkan hasil karya musik tradisional setempat
4. Menyanyikan salah satu lagu tradisional setempat
Minggu, 27 Febuary 2011
Slamet Priyadi di Lido-Bogor
@ Proses pembelajaran yang terarah adalah jika segala sesuatunya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang sehingga kendala-kendala yang ada dapat diminimalisir.
BalasHapus