Kelas / Semester : X / II / Th.2010-2011
Pertemuan ke : 1, 2, 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengapreasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : 3.1Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang seni musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat.
Indikator :
• Mendeskripsikan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat setempat.
• Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk:
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk:
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
• Memdemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
II. Materi Ajar :
Musik non tradisional :
• Fungsi musik non tradisiona
• Latar belakang musik non tradisional.
• Latar belakang musik non tradisional.
III. Metode Pembelajaran
PAKEM ( Pembelajaran Atraktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan )
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa , 5 menit.
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa , 5 menit.
• Mengucap salam dan melihat kondisi ruang kelas, apa sudah bersih atau belum , apa sudah cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
• Mengisi buku jurnal kelas terkait materi pokok bahasan yang diajarkan.
• Menjelaskan secara global materi pembelajaran.
b. Kegiatan inti : 35 menit.
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional.
• Berlatih mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
c. Kegiatan akhir : 5 menit.
• Menyimpulkan inti materi pembelajaran
• Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras lagu-lagu yang sudah diajarkan.
• Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras lagu-lagu yang sudah diajarkan.
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
• Seperangkat alat musik Band
• Buku Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
• Buku Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS
VI. Penilaian / Tagihan :
E s s a y :
1. Jelaskan dan berikan contohnya ! Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional?
1. Jelaskan dan berikan contohnya ! Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional?
2. Jelaskan fungsi musik non tradisional sebagai :
a. Sarana berekspresi bagi seseorang
b. Sarana hiburan
c. Wujud kelestarian kepribadian bangsa
d. Menanamkan rasa nasionalisme
e. Memperkaya khasanah kebudayaan
f. Sarana pendidikan
3. Jelaskan latar belakang perkembangan musik non tradisional di Indonesia !
P r a k t i k :
Nyanyikanlah secara kelompok lagu berirama keroncong “Bengawan Solo” ciptaan
Gesang dengan iringan intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap
kelompok boleh terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang
masing-masing kelompok maksimal 8 orang!
Gesang dengan iringan intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap
kelompok boleh terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang
masing-masing kelompok maksimal 8 orang!
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester : X / II / Th 2010-2011
Pertemuan ke : 4,5,6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengungkapkan pengalaman musical dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik non tradisional setempat.
Indikator :
▪ Mendeskripsikan jenis-jenis musik, elemen musik non tradisional
▪ Mendeskripsikan karya musik non tradisional
I.Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk :
▪ Menjelaskankan jenis-jenis musik, elemen musik.
▪ Menjelaskan karya musik dan lagu-lagu non tradisional.
II. Materi pembelajaran :
▪ Jenis-jenis musik non tradisional
▪ El emen-elemen musik
▪ Karya musik dan lagu non tradis
III. Metode Pembelajaran :
▪ El emen-elemen musik
▪ Karya musik dan lagu non tradis
III. Metode Pembelajaran :
▪ PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif, dan menyenangkan )
IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa 5 menit
▪ Mengucap salam dan melihat kondisi kelas apa sudah cukup kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran.
▪ Mengabsensi siswa dan menulis materi pokok bahasan yang akan dibe
b. Kegiatan inti : 35 menit
▪ Menjelaskan materi jenis-jenis musik dan elemen musik non tradisional
▪ Berlatih bernyanyi lagu-lagu non tradisional.
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa 5 menit
▪ Mengucap salam dan melihat kondisi kelas apa sudah cukup kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran.
▪ Mengabsensi siswa dan menulis materi pokok bahasan yang akan dibe
b. Kegiatan inti : 35 menit
▪ Menjelaskan materi jenis-jenis musik dan elemen musik non tradisional
▪ Berlatih bernyanyi lagu-lagu non tradisional.
c. Kegiatan akhir : 5 menit
▪ Menyimpulkan inti materi pembelajaran
▪ Memberi tugas untuk berlatih lagu yang telah diajarkan.
V. Alat / Bahan / Sumber belajar
▪ Seperangkat alat musik Band
▪ Seperangkat alat musik Band
▪ Buku Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
▪ Buku Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS
VI. Penilaian / Tagihan :
ESSAY :
1. Jelaskan ciri-ciri musik berikut nama-nama tokoh-tokohnya:
a.Musik Dangdut
b.Musik Campursari
c.Jazz
d.Rock
2. Jelaskan elemen musik :
a.Harmoni
b.irama
c.birama
d.melodi
e. tempo
3. Sebutkan lima ciri musik keroncong dan lima buah contoh lagunya !
4. Jelaskan! Apa yang kamu ketahui tentang musik Congdut ?
5. Sebutkan instrument musik campursari pada umumnya !
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester : X / II / Th.2009-2010
Pertemuan ke : 13, 14, 15
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar : 4.2. Mempersiapkan pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di kelas.
Indikator :
▪ Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan
▪ Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan perlengkapan pergelaran
▪ Mengidentifikasi, memilah, dan menyusun acara pergelaran musik kelas.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk :
▪ Membuat jadwal kegiatan penampilan musik
▪ Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan perlengkapan pergelaran musik.
▪ Memilah, menyusun acara pergelaran musik.
II. Materi pembelajaran : Pergelaran musik kelas
▪ Pembentukan kepanitiaan
▪ Kebutuhan sarana dan perlengkapan pergelaran musik
▪ Penyusunan jadwal, jenis dan pengisi acara pergelaran musik
III. Metode Pembelajaran :
PAKEM ( Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :a. Kegiatan awal : 5 menit untuk memotivasi siswa
• Mengucap salam dan melihat kondisi kelas apa sudah cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
• Mengisi buku jurnal kelas terkait pokok bahasan yang diajarkan
• Menjelaskan secara garis besar inti dari materi pokok bahasan.
b. Kegiatan inti : 35 menit
• Mengidentifikasi kepanitiaan pergelaran musik
• Mengidentifikasi kepanitiaan pergelaran musik
• Mengidentifikasi penjadwalan pergelaran musik
• Mengidentifikasi jenis acara yang akan dipergelarkan
• Menentukan waktu pelaksanaan
c.Kegiatan akhir : 5 menit
• Memberikan kesimpulan dari semua materi yang diajarkan
• Memberi tugas pekerjaan rumah membuat untuk membuat susunan kepanitiaan pergelaran musik.
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
• Seperangkat alat musik Band
• Buku Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
• Buku Seni Musik SMA, Matius Ali, ESSIS
VI. Penilaian / Tagihan :
E s s a y :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas !
1. Sebutkan tujuan diadakannya gladi bersih !
2. Sebutkan kelengkapan apa saja termasuk dalam pergelaran musik !
3. Sebutkan dan jelaskan 4 unsur dalam seni vocal !
3. Sebutkan dan jelaskan 4 unsur dalam seni vocal !
4. Jelaskan pegertian tata panggung frontal !
P r a k t I k :
Buatlah Susunan Kepanitiaan Pergelaran Seni Musik versi kamu sendiri dan sebuah Proposal Pergelaran Musik. Kerjakan di kertas HVS ukuran kuarto !
Rabu, 23 Feuary 2011
Slamet Priyadi di Lido-Bogor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar