KONSEP " PENDIDIKAN PROGRESIF" JOHN DEWEY
( Analisa Strategi Pembelajaran ke Depan ) by Drs Slamet Priyadi
Gbr1. Berlatih vokal |
Berkait dengan hal tersebut, berdasarkan studi psikologi dan sosiologi pendikdiian, Masyarakat pendidikan umumnya menghendaki perubahan, dan hendaknya konsep pendidikan terutama dalam pengajaran agar lebih memperhatikan minat, kebutuhan dan kesiapan siswa untuk belajar.
Sehubungan dengat hal tersebut JOHN DEWEY mengemukakan ide dan gagasannya dalam konsep
" PENDIDIKAN PROGRESIF " sebagai berikut:
Gbr2. Ekskul Band 42 |
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman ( learning experiencing )
3. Guru memberi dorongan semangat dan motivasi bukan hanya pemerintah.
Artinya bahwa guru memberikan penjelasan tentang arah kegiatan pembelajaran yang merupakan kebutuhan siswa.
4. Guru mengajaksertakan siswa dalam berbagai aktifitas kehidupan belajar di sekolah yang mencakup pengajaran, administrasi, dan bimbingan.
5. guru memberi arahan dan bimbingan sepenuhnya agar siswa menyadari bahwa hidup itu dinamis dan mengalami perubahan yang begitu cepat.
Gbr3. Belajar baca notasi |
Strategi dan metode pembelajaran yang memberi kebebasan siswa dalam melakukan penelitian dan menemukan sesuatu hal utamanya diberikan kepada siswa, berlebih dalam berbagai aktifitas ekstra kurikuler.
Minggu, 20 Febuary 2011
DRS SLAMET PRIYADI di LIDO-BOGOR
Strategi dan metode pembelajaran yang memberi kebebasan siswa dalam melakukan penelitian dan menemukan sesuatu hal utamanya diberikan kepada siswa, berlebih dalam berbagai aktifitas ekstra kurikuler.
BalasHapus