Minggu, 06 Maret 2011

Ratusan Sekolah Di Kabupaten Bekasi Rusak Berat - Yahoo! Indonesia News

Ratusan Sekolah Di Kabupaten Bekasi Rusak Berat


Ratusan Sekolah Di Kabupaten Bekasi Rusak Berat

MINGGU, 6 MARET 2011. REPUBLIKA.CO.ID,CIKARANG - Ratusan sekolah di Kabupaten Bekasi masuk kategori rusak berat. Namun, Pemerintah Kabupaten Bekasi masih kesulitan untuk merenovasi sekolah tersebut lantaran terbatasnya anggaran.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Ida Farida, menyebutkan dari 900an sekolah yang ada, sebanyak 128 gedung sekolah masuk kategori rusak berat. Sementara yang masuk rusak ringan sebanyak 70 gedung sekolah. Gedung sekolah tersebut baik untuk jenjang SD hingga SMA/SMK yang kebanyakan telah berdiri sejak 1980-an.

"Untuk memperbaiki semua sekolah itu termasuk melengkapi sarana pendidikannya butuh anggaran sebesar total anggaran daerah, " kata Ida Farida.

Ida mengungkapkan anggaran daerah 2011 Kabupaten Bekasi mencapai Rp 2,1 tiriliun. Dari anggaran itu, pendidikan mendapat alokasi anggaran senilai Rp 146 miliar di luar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan alokasi anggaran pendidikan tersebut, sekolah yang rusak tersebut belum bisa diperbaiki seluruhnya pada 2011.

"Saat ini saja, kita masih kekurangan 37 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk membangun satu SMK lengkap dengan sarananya bisa mencapai Rp 7 miliar, " ungkapnya.

Kabupaten Bekasi mendapat dana rehabilitasi sekolah pada tahun sebelumnya sebesar Rp 70 juta dari Pemerintah Provinsi. Dengan dana itu, Ida mengatakan perbaikan sekolah rusak dipastikan tidak akan tuntas. "Rehabilitasi dengan dana sebesar Rp 70 juta membuat sekolah diperbaiki pada sedikit bagian saja," ujarnya.

Dana untuk pendidikan, lanjutnya, sebenarnya telah masuk dana BOS sejak 19 Januari 2011 sebesar Rp 45 miliar ke anggaran daerah. Namun, dana tersebut belum dapat dicairkan lantaran adanya kendala administrasi. "Untuk mencairkan, pihak sekolah harus membuat RKA (Rencana Kegiatan dan Anggaran). Belum semua guru paham mengenai cara membuat RAK sehingga masih butuh pelatihan. Ini butuh waktu dan biaya, " ujarnya.

Minggu, 6 Maret 2011

Slamet Priyadi di Lido-Bogor

1 komentar:

  1. Anggaran daerah 2011 Kabupaten Bekasi mencapai Rp 2,1 tiriliun. Dari anggaran itu, pendidikan mendapat alokasi anggaran senilai Rp 146 miliar di luar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

    BalasHapus