Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester : X / II / Th. 2010-2011
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengapreasi karya seni muski
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang seni musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat.
Indikator :
• Mendeskripsikan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
• Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah melalui proses pembelajaran siswa memiliki kemampuan untuk
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
• Memdemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional.
Membaca notasi "Bengaawan Solo" |
II. Materi Ajar :
Musik non tradisional :
• Fungsi musik non tradisional.
• Latar belakang musik non tradisional.
III. Metode Pembelajaran:
PAKEM ( Pembelajaran Atraktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan )
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal : Memotivasi siswa , 5 menit.
• Mengucap salam dan melihat kondisi ruang kelas, apa sudah bersih atau belum, apa sudah cukup kondusif untuk proses pembelajaran.
• Mengisi buku jurnal kelas terkait materi pokok bahasan yang diajarkan.
• Menjelaskan secara global materi pembelajaran.
b. Kegiatan inti : 75 menit.
• Menjelaskan fungsi dan latar belakang musik non tradisional.
• Berlatih mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik non tradisi
onal.
c. Kegiatan akhir : 10 menit.
• Menyimpulkan inti materi pembelajaran.
• Memberi tugas pekerjaan rumah untuk berlatih keras lagu-lagu yang sudah diajarkan.
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
• Seperangkat alat musik Band
• Buku Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca
• Buku Seni Musik SMA, Matius Ali
VI. Penilaian / Tagihan :
E s s a y :
Jelaskan dan berikan contohnya!
1. Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional ?
2. Jelaskan fungsi musik non tradisional sebagai :
a. Sarana berekspresi bagi seseorang
b. Sarana hiburan
c. Wujud kelestarian kepribadian bangsa
d. Menanamkan rasa nasionalisme
e. Memperkaya khasanah kebudayaan
f. Sarana pendidikan
3. Jelaskan latar belakang perkembangan musik non tradisional di Indonesia!
Membaca notasi "Bengawan Solo" |
Praktik :
Nyanyikanlah secara kelompok lagu berirama keroncong “Bengawan Solo”ciptaan Gesang dengan iringan intrumen musik yang sudah kamu kuasai dengan baik. Setiap kelompok boleh terdiri wanita saja, laki-laki saja, atau campuran laki-laki dan wanita yang masing-masing kelompok maksimal 8 orang!
Jakarta, 4 Febuary 2011
Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Priyadi
Nip. 131683 759
Proses pembelajaran yang terarah dan terstruktur yaituada apa bila segala sesuatunya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang sehingga kendala-kendala yang akan timbul bisa dikurangi, dan salah satunya adalah dengan membuat "Renacana Pelaksanaan Pembelajaran" (RPP).
BalasHapus