WARTA GOOGLE

Loading...

Rabu, 30 Maret 2011

MENGENAL INSTRUMEN MUSIK By Slamet Priyadi

Rabu, 30 Maret 2011 Guru Seni Budaya Blog: Sejak masa pra sejarah orang sudah mengenal music. Mereka menggunakan music selain untuk hiburan juga untuk upacara ritual keagamaan, pemujaan kepada arwah leluhur mereka.

Untuk memainkan musik tentu dibutuhkan intrumen music. Untuk itu merekapun membuat alt music yang disesuaikan dengan keadaan alam dan bahan baku yang ada di daerah tempat mereka menetap. Mereka juga mewariskan secara turun temurun music dan instrument music yang mereka buat kepada anak cucu dan masyarakat generasi berikutnya. Music atau instrument music yang demikian itu kita mengenalnya sebagai karya music tradisional atau music etnik.

Seiring perkembangan waktu dan kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu dan teknologi yang demikian pesat music dan alat musikpun ikut mengikuti perkembangan. Music da instrument music yang demikian kita mengenalnya sebagai music non tradisional atau music modern.

Sudah kita katakan sebelumnya bahwa untuk memainkan music kita memerlukan instrument untuk membawakan sebuah karya music. Oleh karena itu mari kita kenali berbagai macam jenis alat music secara umum. Menurut bunyinya, instrument music dapat dikelompokkan ke dalam:

1.    Alat music Idiophone,
yaitu jenis intrumen music yang memainkannya dengan cara dipukul dengan alat tertentu. Sedangkan sumber bunyi berasal dari alat music itu sendiri yang biasanya terbuat dari logam, kayu dan bambu. Termasuk jenis instrument music ini adalah, gambang, angklung, calung, gong, vibraphone, dan lain-lain.


2.    Alat music Cordophone,
Adalah instrument music yang memainkannya dengan cara dipetik atau digesek. Termasuk alat music ini adalah biola, rebab, tehyan, dll (dimainkan dengan cara digesek). Cukulele, mandolin, gitar, harpa, sitar, dll ( dimainkan dengan cara dipetik).


      
3. Alat music Membranophone,
Membranophone adalah jenis instrument music yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis terbuat dari kulit, plastic dan sejenisnya. Cara memainkan instrument membranophone dengan cara dipukul atau ditepak. Alat music membranophone antara lain, drum, timpani (dipukul), gendang, rebana, ketipung(ditepak).


4.    Alat music Aerophone,
Cara memainkan alat music aerophone umumnya dengan cara ditiup atau dipompa. Adapun sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar karena pipa atau lidah logam yang sangat tipis. Instrument jenis aerophone beberapa di antaranya, trompet, saxophone, pianika, dll.

Rabu, 30 Maret 2011

Slamet Priyadi di Lido-Bogor
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar